Sya’ban is here

Posted on 4 July 2011

0


bulan-sabit


Sya’ban menjelang, kurang dari sebulan lagi Ramadhan tercinta akan datang. Sya’ban adalah bulan terakhir untuk latihan sebelum menyambut tamu agung. Rasulullah SAW sangat mengistimewakan bulan kedelapan di tahun hijriyah ini.

Usamah bin Zaid berkata, “Wahai Rasulullah, aku tidak pernah melihatmu berpuasa pada satu bulan seperti pada bulan Sya’ban.” Beliau menjawab, “Ia adalah bulan yang banyak dilalaikan oleh manusia. yaitu antara Rajab dan Ramadhan. Ia adalah bulan saat amal diangkat menuju Tuhan, karena itu, aku ingin amalku diangkat dalam keadaan aku berpuasa.” (HR Abu Daud dan al-Nasai).

Rasulullah memperbanyak puasa sunnah beliau pada bulan ini, lebih banyak daripada bulan-bulan lain.

Dari ‘Aisyah radhiyallahu ‘anha, dia berkata:

“Saya tidak pernah melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam berpuasa sebulan penuh kecuali pada bulan Ramadhan, dan tidaklah saya melihat  beliau memperbanyak puasa dalam suatu bulan seperti banyaknya beliau berpuasa pada bulan sya’ban.” (HR. Bukhari)

Yuk, perbanyak amal agar terbiasa saat Ramadhan datang. Shaum sunnah (senin-kamis, ayamul bidh, dawud), shalat sunnah (rawatib, Qiyamullail, Dhuha), shadaqah, dan ibadah lainnya.

Wallahu’alam

Tagged: , ,
Posted in: Islam, Lesson, My angle