Shaum Rajab ?

Posted on 4 June 2011

0


rajab


“Sesungguhnya bilangan bulan pada sisi Allah ialah dua belas bulan, dalam ketetapan Allah di waktu Dia menciptakan langit dan bumi, di antaranya empat bulan haram. Itulah (ketetapan) agama yang lurus, maka janganlah kamu menganiaya diri kamu dalam bulan yang empat itu, dan perangilah kaum musyrikin itu semuanya sebagaimana mereka pun memerangi kamu semuanya; dan ketahuilah bahwasanya Allah beserta orang-orang yang bertakwa”. (QS AtTaubah : 36)

 

Bulan Rajab adalah salah satu bulan haram. Bulan yang dimuliakan. Puasa pada bulan-bulan haram itu maqbul (diterima) dan musthahab (disukai). Namun tidak ada aturan khusus untuk puasa Rajab. Apalagi berpuasa sebulan penuh. Hadits-hadits yang dipakai untuk puasa khusus Rajab umumnya palsu dan lemah. Rasulullah Saw tidak pernah berpuasa penuh sebulan kecuali di bulan Ramadlan, dan tidak berpuasa sunnah paling banyak kecuali di bulan Sya’ban.

Jadi, apa yang bisa kita lakukan di bulan Rajab?

Masih banyak ibadah, khususnya shaum sunnah, yang bisa dilakukan yang mempunyai dasar lebih kuat.

 

1. Puasa Hari Senin dan Kamis

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Amal-amal ditampakkan pada hari senin dan kamis, maka aku suka jika ditampakkan amalku dan aku dalam keadaan berpuasa.” (Shahih, riwayat An-Nasa’i)

 

2. Puasa 3 hari setiap bulan qamariyah (13,14,15). 

Dari Abu Hurairah radhiyallahu ‘anhu dia berkata,

 “Kekasihku, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam Mewasiatkan kepadaku tiga perkara: puasa tiga hari setiap bulan,  dua rakaat shalat dhuha, dan  shalat witir sebelum tidur.” (HR. Bukhari Muslim)

 

3. Berpuasa Sehari dan Berbuka Sehari (Puasa Dawud ‘alaihis salam)

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:

 “Puasa yang paling disukai Allah adalah puasa Nabi Dawud, dan shalat yang paling disukai Allah adalah Shalat Nabi Dawud, adalah beliau biasa tidur separuh malam, dan bangun pada sepertiganya, dan tidur pada seperenamnya, adalah beliau berbuka sehari dan berpuasa sehari.”(Muttafaqun ‘alaihi)

 

Wallahu’alam

Tagged: , ,
Posted in: Islam, Lesson, My angle