Posted in Hikam, Lesson, My angle

Loser’s Win !


Mata dan pujian kita biasanya hanya tertuju pada sang pemenang…

Pernahkah kita mencoba melihat betapa “besar”nya sang peng-kalah? πŸ˜€

Tetap bertahan dan bertanding walaupun kekalahan sudah tak bisa dihindari, menurut saya, adalah salah satu bentuk kemenangan.

Misal, dalam pertandingan sepak bola. Ketika ada tim yang trus berjuang karena mengejar kemenangan saat skor masih imbang atau skor berbeda tipis, itu hanyalah sebuah hal wajar. Tapi ketika ada tim yang tetap bermain walaupun sudah ketinggalan jauh, ini merupakan pemandangan “aneh”. Kenapa mereka masih mengejar bola, padahal kemungkinan menang sudah tidak ada?

Seseorang terus berjuang walaupun kadang kita tidak melihat kemenangan dan kejayaan di ujungnya. Kenapa?
Karena mereka melihat tujuan yang lebih jauh dari kita. Mereka melihat target yang jauh lebih mulia daripada sekedar kalah dan menang.

Kadang target yang pendek, kecil dan kasat mata, malah menutup penglihatan kita dari tujuan yang sebenarnya. Tujuan dan target yang jauh tinggi melebihi batas-batas langit akan membuat kekalahan di bumi menjadi tak berarti.

Karena kemenangan sejati di dunia bukan dari hasil, tapi dari proses. Proseslah yang akan menjadi modal kemenangan sejati kita nanti. Hasil? itu urusan-Nya.

Advertisements

8 thoughts on “Loser’s Win !

  1. ‘ketika ada tim yang tetap bermain walaupun sudah ketinggalan jauh, ini merupakan pemandangan β€œaneh”. Kenapa mereka masih mengejar bola, padahal kemungkinan menang sudah tidak ada?’
    ^
    ^
    menurut ku ga aneh.. bukan hanya soal kemungkinan menang, tp juga kemungkinan untuk tidak terus dipermalukan.

    1. hmm.. bisa sih…walaupun subjektif. Soalnya ada juga kan, yang “dari pada nerusin, mending nyalahin wasit, trus keluar dari lapangan” .. πŸ˜€
      kita lagi ngomongin apa sih? haha
      tapi intinya, usaha mereka itu kan yang jadi ukuran kemuliaannya… seperti kata mbak sabila, akan lebih memalukan kalau mereka berhenti berjuang atau kabur dari arena pertandingan.
      So, kemenangan tidak selalu menjadi ukuran kemuliaan. tapi perjuangan lah yang menentukan.
      hal ini masih aneh lho.. karena masih banyak yang belum siap untuk ikhlas berjuang dan menerima apapun hasilnya di dunia πŸ˜€
      Tapi kalau hal ini sudah tidak aneh, kita harus bersyukur kan? πŸ™‚

  2. Intinya sabar dan terus berjuang, karena kita tidak akan pernah tau apa yang akan terjadi hari berikutnya atau bahkan detik selanjutnya.
    “Thomas Alfa Edison berhasil menciptakan lampu dalam percobaan ke-9999. Bagaimana jika ia tidak sabar dan kemudian menyerah pada percobaan ke-9998?” -ranah 3 warna-

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s