Posted in Manga, My angle

Rebound amal (Slam dunk)


Melakukan amal itu mirip dengan melakukan sebuah offensive rebound di dalam permainan basket.

Offensive rebound adalah sebuah istilah dalam bola basket, artinya menangkap bola yang gagal dimasukkan ke ring oleh rekan setim pada saat melakukan penyerangan. Sehingga tim tersebut bisa kembali berusaha memasukkan bola.

Dari komik Slamdunk yang saya baca, Anzai sensei pernah memberitahu Hanamichi Sakuragi, tokoh utama manga yang jago rebound, tentang pentingnya sebuah offensive rebound.

Ketika pemain basket berhasil melakukan offensive rebound, ia menciptakan kesempatan pada timnya untuk kembali mencetak angka, di sisi lain ia mencegah lawan mendapatkan angka dari sebuah serangan balik cepat. Maka point tim nya tetap bertambah 2 poin, dan ia mencegah tim lawan menambah angka mereka sebanyak 2 poin. Jadi setelah ditotal, nilai dari offensive reboundnya setara dengan 4 poin.

Jika kita analogikan pada amal…

Ketika seseorang melakukan sebuah amal kebaikan, maka ia “memaksa” dirinya untuk mendapatkan pahala. Maka dengan amalnya tadi ia menutup kesempatan dirinya untuk melakukan keburukan dan menahan dirinya dari mendapatkan dosa.

So? Lets get 4 points!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

w

Connecting to %s