Peran

Posted on 21 November 2009

3



Bismillah

Semua manusia di dunia diciptakan Allah dengan peran masing-masing sesuai takdirnya, peran besar, peran kecil, peran pribadi, peran sosial dll.
Peran yang dipunyai oleh setiap makhluk mempunyai tujuan masing-masing. Besar atau kecil peran itu pasti mempunyai manfaat bila dilaksanakan dengan benar.
Setiap makhluk diharapkan melaksanakan kewajiban sesuai perannya dengan baik.
Jadi setiap makhluk harus melaksanakan perannya dengan baik apapun peran itu, tanpa menyibukkan diri dengan memikirkan :
“ seandainya saja peran saya jadi itu, pasti saya bisa bekerja lebih baik,
seandainya saya jadi dia pasti saya akan mendapat apa yang saya ingin dengan mudah,
seandainya saya jadi dia ,saya bisa bekerja dengan hati tenang, saya bisa beristirahat cukup”
dan sebagainya…
Seringkali manusia tidak menyadari bahwa peran sekecil apapun sangat penting. Padahal kalau saja ia menjalankan perannya dengan baik akan menghasilkan manfaat yang besar. Karena peran besar tidak akan berjalan dengan baik bila tidak didukung oleh peran kecil, tidak akan ada peran besar bila tidak ada peran kecil.
Coba kita analogikan ke dalam kehidupan kita sehari-hari,ataupun ke dalam organisasi.
Dalam kehidupan sehari-hari, adakalanya peran kita sebagai pemimpin, bawahan, anak, hamba,
Ketika kita berperan sebagai pemimpin, bekerjalah dalam ruang lingkup seorang pemimpin, jangan ingin mengerjakan semua hal sendiri, beri kesempatan kepada bawahan untuk bekerja dengan baik, tumbuhkan rasa saling percaya dan menghargai.
Bagaimana jika kita adalah seorang bawahan? Ya, bekerjalah sesuai peran itu, jangan malah mengambil alih peran pemimpin atau mengutamakan mengerjakan hal-hal yang bukan tanggung jawab utamanya, misalnya mengerjakan tugas-tugas orang lain, tapi melupakan tugas sendiri.
Ketika kita berperan sebagai anak, ya jalanilah peran tersebut dengan sebaik-baiknya,hormati, hargai orang tua, berbicara dan berlaku sopan. Bukan malah memikirkan bagaimana ketika kita jadi orangtua nanti.
Ketika kita sudah mengaku dan bersaksi sebagai hamba Allah, Ya kita harus berjuang sekuat tenaga menjalankan perintah dan menjauhi larangan-Nya.
Jadi kesimpulannya :
Pahami apa saja peran kita di kehidupan ini. Jalani peran kita dengan sebaik-baiknya. Kemudian selalu evaluasi niat, cara dan tujuan akhir kita dari semua peran yang kita jalani.
Wallahu alam bi shawab

Tagged: ,
Posted in: Hikam, Lesson, My angle